Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menjalani kegiatan Asesmen Lapangan (AL) selama dua hari, yaitu pada Senin, 14 Juli 2024 dan Selasa, 15 Juli 2025. Asesmen ini dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan menghadirkan dua asesor, yakni Dr. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D. dan Prof. Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes. Pembukaan dan penutupan asesmen lapangan berlangsung di Ruang Seminar FMIPA Undiksha yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I.
Pada hari pertama asesmen, tim asesor melakukan klarifikasi dan konfirmasi data berdasarkan dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak penting seperti Tim Borang dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS), pengelola program studi, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, hingga mitra pengguna lulusan. Diskusi berjalan terbuka dan konstruktif, membahas berbagai aspek pengelolaan akademik dan capaian kinerja program studi.
Hari kedua asesmen diisi dengan kegiatan kunjungan lapangan untuk memverifikasi langsung kondisi sarana dan prasarana penunjang akademik. Tim asesor meninjau sejumlah fasilitas seperti ruang perkuliahan, laboratorium biologi, laboratorium terpadu, serta ruang-ruang pendukung lainnya yang menjadi bagian dari layanan pendidikan di Prodi Pendidikan Biologi. Selain itu, dilakukan pula observasi terhadap proses pembelajaran oleh Dosen Tetap Program Studi (DTPS). Kegiatan hari kedua diakhiri dengan penyiapan dokumen laporan serta berita acara pelaksanaan asesmen, dilanjutkan dengan penutupan secara resmi.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi ini merupakan ruang refleksi dan evaluasi yang sangat penting dalam proses penjaminan mutu pendidikan tinggi. Beliau menekankan bahwa hasil dari asesmen ini diharapkan mampu menjadi dasar bagi perbaikan dan penguatan tata kelola program studi, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
Tim asesor memberikan sejumlah saran konstruktif, seperti penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE), meningkatan sosialisasi terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada mahasiswa secara lebih menyeluruh, serta rekomendasi terkait kerjasama dengan lembaga yang bergerak dibidang SDGs. Kegiatan asesmen juga menunjukkan komitmen Program Studi Pendidikan Biologi Undiksha terhadap prinsip keberlanjutan, dengan mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada poin 4 (Pendidikan Berkualitas) dan poin 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), antara lain melalui penggunaan air minum dalam botol kaca dan gelas guna mengurangi limbah plastik selama kegiatan berlangsung.


















